Teripang : Si Lunak Kaya Manfaat & Bernilai Ekonomis Tinggi

Teripang : Si Lunak Kaya Manfaat & Bernilai Ekonomis Tinggi

Teripang adalah hewan invertebrata (tak bertulang belakang) yang masuk ke dalam kelompok Echinodermata dan kelas Holothuroidea. Bentuk tubuh teripang seperti mentimun, sehingga disebut juga mentimun laut (Sea Cucumber). Hewan tersebut memiliki tubuh yang panjang, di satu ujung  terdaspat mulut yang dikelilingi tentakel, dan anus di ujung lainnya. Seekor teripang betina mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang sangat banyak hingga mencapai sekitar 1,9 juta butir telur. Daur hidup hewan ini dimulai dengan telur yang dibuahi yang akan menetas dalam waktu sekitar 2 hari.

Berbagai jenis teripang telah ditemukan di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Untuk wilayah Indonesia, teripang banyak ditemukan di perairan bagian Timur Indonesia, seperti di perairan Kalimantan. Produk teripang umumnya berasal dari jenis-jenis teripang yang hidup di perairan dangkal, sampai kedalaman 50 meter. 10% dari jenis teripang yang sudah ditemukan di dunia, berada di Indonesia.

Menurut penemuan beberapa catatan sejarah, teripang sudah diperdagangkan secara internasional sejak  lebih dari 300 tahun yang lalu. Indonesia sendiri merupakan negara maritim yang menjadi salah satu pusat perdagangan dunia. Sistem perkotaannya terbentuk di tepi laut seperti pesisir utara Jawa. Ini memberi kemudahan masyarakat (nelayan) Nusantara pada zaman itu untuk melakukan kontak dagang hasil laut dengan dunia internasional. Salah satunya adalah dengan bangsa Cina di abad 16-17 yang diduga mendorong munculnya perikanan teripang Indonesia (Stacy, 1999; Ham, 2002).

Ke arah selatan, sejarah membawa kita ke kunjungan nelayan nusantara untuk berburu teripang ke perairan Australia sejak awal abad 17. Wajar jika kemudian Indonesia termasuk negara pengekspor teripang tertua. Istilah ‘trepang‘ di pasar internasionalpun berasal dari kata teripang yang digunakan oleh nelayan Indonesia (Fox, 2000; Morgan dan Archer, 1999; Conand, 1990; Conand dan Byrne, 1993).

Teripang memiliki kandungan nutrisi dengan tinggi protein dan rendah kandungan lemak, serta banyak mengandung gluten, nitrogen, iodine, dan elemen nutrisi lainnya. Kandungan protein pada teripang kering sekitar 68,7%. Kandungan nutrisi dalam teripang tersebut dapat mengikat jaringan dalam pertumbuhan dan kulit, mampu memulihkan penyakit-penyakit sendi dan membangun kembali tulang rawan, menghambat proses penuaan, menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan very-low density lipoprotein (VLDL) dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, serta anti-HIV yang efektif melawan virus. Jenis teripang yang paling berpotensi untuk dikembangkan adalah Holothuria leucospilota.

Daerah penghasil teripang alam antara lain perairan pantai Jawa Timur, Maluku, Papua, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, pantai barat Sumatra, Sumatra Utara, Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Mengingat persebaran teripang di Nusantara yang cukup merata, sebenarnya Indonesia berpotensi sekali menjadikan teripang sebagai komoditi ekspor. Negara-negara maju seperti Jepang dan Cina, banyak mengimpor teripang dari Indonesia. Di Cina teripang biasa disebut Haisom. Biasanya diolah untuk sup. Sayangnya karena bentuk fisik teripang yang kurang manarik, mengakibatkan minimnya minat dari warga sekitar pantai maupun masyarakat umum untuk mengolah dan mengkonsumsi teripang.

Dibalik rupa teripang yang kurang menarik tersebut, tersimpan berbagai manfaat teripang yang berguna untuk kesehatan manusia. Lho.. Ini dia beberapa manfaat Teripang yang sudah ditemukan:

  • Dari penelitian tersebut terbukti bahwa teripang/gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali.
  • Kandungan protein mencapai 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi.
  • Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., Periset Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 82%, baik diberikan kepada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat.
  • Teripang tak hanya membantu proses penyembuhan stroke & asma. Banyak penyakit maut lain yang dituntaskan oleh anggota famili Holothuriidae itu seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis.
  • Teripang berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit. Cara kerjanya tentu saja berbeda. Misalnya untuk asam urat; ekstrak teripang memblokir asam urat, untuk osteoarthritis alias radang sendi; teripang memberikan kondroitin sehingga tulang rawannya membaik, ujar dr Zen.
  • Penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Sea Cucumber dapat melancarkan peredaran darah.
  • Teripang juga berkhasiat mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, diabetes mellitus dan hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam.
  • Berdasarkan hasil penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang emas sangat berkhasiat sebagai obat serba guna dan sebagai antiseptik tradisional.

Pengolahan teripang dilakukan dalam bentuk olahan kering. Teripang kering biasanya lebih disukai oleh konsumen di Singapura, Hongkong, dan Malaysia, sedangkan konoko, konowata, dan otot kering disukai oleh konsumen di Jepang. Pengolahan bentuk olahan dilakukan dengan cara penanganan hasil panen, pembuangan isi perut, perebusan, pengasapan pengeringan, dan penyimpanan. Pengolahan teripang berfungsi agar menghilangkan zat aktif yang bersifat racun. Teripang kering juga dapat dibuat menjadi kerupuk dengan cara digoreng.

Usaha pengolahan teripang sangat menjanjikan karena negara-negara di Asia Timur sudah lama menggunakan teripang sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Di Cina sendiri, sebagai negara konsumen terbesar hingga saat ini, pengenalan teripang dimulai sejak Dinasti Ming (1368-1644 BC). Teripang tertulis di buku medis tradicional sebagai tonic dan obat tradisional, antara lain mengandung banyak protein dan rendah lemak. Diramu dengan komponen yang lain, teripang dipakai sebagai obat untuk memelihara kesehatan darah, penyembuh penyakit ginjal dan sistem reproduksi.

====
diolah dari berbagai sumber

PRODUK TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s