Ampo : Camilan Tanah Liat Khas Tuban

Ampo Camilan Khas Tuban

CHOCO STICK atau TANAH?

Ampo namanya. Sepintas terlihat spt choco stick ya.. Siapa sangka itu adalah tanah liat yang diserut. Masyaraakat Tuban percaya bahwa ampo dapat menguatkan sistem pencernaan. Bahkan memakan tanah liat juga dipercaya sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit.

Proses pembuatan Ampo terbilang cukup sederhana. Tidak semua tanah dapat dijadikan ampo. Ampo dibuat dari tanah liat pilihan yang terbebas dari kotoran, kerikil, pasir dan sampah. Kemudian tanah liat dicampur air sampai kalis, lantas dipadatkan menjadi balok. Barulah balok tanah liat tadi diserut dengan kayu pipih/bambu, sehingga tanah liat membentuk gulungan seperti astor. Selanjutnya serutan tanah liat tersebut dipanggang di atas tungku hingga menghitam. Biasaya proses pemanggangan ini memakan waktu 4 jam.

Meski dibuat dari bahan dasar tanah, namun ampo tidak berpengaruh terhadap kesehatan. Sebuah penelitian menyebutkan, memakan tanah liat akan melindungi dan mencegah masuknya bakteri dan virus ke usus, serta meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Tak hanya di Tuban, Ampo juga dikenal di Brebes, dan sebagian wilayah di Jawa Barat. Harga ampo relatif murah yakni 150 rupiah perbungkus. Ampo buatannya biasanya dipesan para pedagang di pasar atau dijadikan oleh-oleh khas Tuban.

3 thoughts on “Ampo : Camilan Tanah Liat Khas Tuban

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s