Resep Kering Kentang

Kering Kentang

Kering kentang adalah salah satu kuliner khas Indonesia, khususnya Jawa. Kering kentang umumnya memiliki daya simpan hingga beberapa hari. Biasanya seminggu hingga 1 bulan. Tak ayal, sering kali anak-anak kos memilih kering kentang sebagai makanan yang harus ada di lemari ‘logistik’ mereka.

Tak hanya untuk lauk, rasa manis, asam, gurihnya kering kentang pun acap kali menggoda untuk digunakan sebagai camilan sambil menonton film. Nah, mau tau resep pembuatan kering kentang yang renyah? Ini dia resepnya 🙂

Bahan-bahan:

  • Kentang, diiris tipis : 1 kg
  • Minyak Goreng : secukupnya
  • Air : secukupnya
  • Air Kapur Sirih : 1 sendok makan
  • Air Asam : 1 sendok makan
  • Daun Salam : 2 lembar
  • Kacang tanah goreng : sesuai selera

Bumbu Halus :

  • Cabai Merah Keriting : 12 biji
  • Bawang Merah : 2 butir
  • Bawang Putih: 1 siung
  • Garam : secukupnya
  • Gula pasir : sesuai selera (bila suka manis, bisa lebaih banyak)

Cara Memasak:
Rendam irisan kentang dalam air yang dicampur air kapur sirih selamah 15 menit, kemudian tiriskan. Panaskan minyak, goreng kentang sedikit demi sedikit hingga kuning dan cukup kering. Panaskan 4 sdm minyak sisa menggoreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukan air asam, daun salam, sedikit air, aduk dan masak hingga bumbu matang. Masukkan kentang goreng dan kacang goreng
, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Semoga bermanfaat

Belanja Kering Kentang Renyah

sumber

Hot Chocolate Banana Wonton

#manTeman pasti udah familiar sama pisang goreng dong? Kalo pisang goreng yang digoreng pake tepung aja, itu udah too mainstream…  Ini dia resep inovatif yang menjadikan pisang goreng lebih dari pisang goreng biasa.. Resep ini sangat simple. Bahkan untuk #manTeman anak kos 😀

Cekidot… 🙂

 

Hot-Chocolate-Banana-Wonton

Bahan-bahan:

  • Pangsit pembungkus
  • 1 pisang, dikupas dan dipotong menjadi 12 potongan
  • Potongan-potongan kecil Chocolate Bar / Chips
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Gula bubuk

Cara Membuat:

  1. Bungkus sepotong irisan pisang dan sepotong cokelat dalam pangsit membentuk bentuk segitiga.
  2. Oleskan tepi pembungkus pangsit dengan air dan tekan untuk menutupnya.
  3. Goreng setiap pangsit selama 2 sampai 3 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan.
  4. Tempatkan wontons pisang diatas kertas minyak untuk menghilangkan minyak.
  5. Dinginkan sekitar 5 menit. Taburi dengan gula bubuk.

 

sumber

Resep Keripik Pisang Coklat

Haloo pencinta Camilan.. Udah bosen dengan rasa keripik pisang konvensional, manis asin ?  Buat kamu yang suka bereksperimen di dapur, boleh coba deh mengolah keripik pisang berselimut coklat ini:keripik pisang coklat

Bahan:
Minyak untuk menggoreng

Bumbu (diaduk jadi satu):
75 g gula bubuk
50 g cokelat bubuk
2 sdm susu bubuk rasa vanili

Pisang:
20 buah pisang kepok
3 liter air, untuk merendam
4 sdm garam

Cara Membuat:
Masukkan bahan bumbu ke dalam kantong plastik. Sisihkan.
Iris pisang secara memanjang menggunakan mandolin slicer.
Rendam irisan pisang di dalam air yang sudah bercampur garam hingga lendir pisang hilang (±  10 menit).  Tiriskan hingga kering.
Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.
Setelah tidak lagi panas, masukkan keripik ke dalam plastik isi bumbu, kocok berkali-kali hingga benar-benar tersalut rata. Keluarkan. Sajikan.

Resep ini menghasilkan 400 gram keripik pisang. Gimana? tertarik mencoba? ^^;

sumber