Kerupuk Ikan Payus : Camilan Khas Surabaya

Kerupuk Ikan Payus. Ikan Payus adalah sebutan lain untuk ikan Bandeng jantan. Ikan Payus banyak dibudidayakan di pantai timur Surabaya. Ikan ini memiliki kandungan Omega 3 14,2% lebih tinggi dari ikan Salmon. Omega 3 berguna untuk: pertumbuhan & kesehatan anak, perkembangan otak, mencegah penyakit jantung, stabilisasi kolesterol, kesehatan mata dll.

Kerupuk Ikan Payus CamilanCamilun khas Surabaya ini dibuat dari ikan payus segar pilihan dengan bumbu-bumbu alami sehingga menjadi kerupuk yang gurih, renyah dan bikin nagih. 🙂

Kerupuk Ikan Payus CamilanCamilun tersedia dalam kemasan mentah ukuran 500gr dan kemasan matang 100gr.

Kerupuk Ikan Payus (Mentah)
Kerupuk Ikan Payus (Mentah) Netto 500 gr
Kerupuk Ikan Payus (Matang)
Kerupuk Ikan Payus (Matang) Netto 100 gr

Buah Kelubi, Si Salak Hutan

❈ Buah Kelubi, Si Salak Hutan. ❈

buah kelubi

#manTemans Sudah Pernah dengar nama buah kelubi (Nama latin: Eleiodoxa conferta)? Mungkin sebagian besar orang belum pernah mendengar namanya. Buah ini bentuknya menyerupai salak, bahkan pohonnya pun mirip sekali dengan salak.

Rasanya asam, sehingga beberapa daerah ada yg menyebut “asam kelubi”. Buah kelubi tersusun bergerombol, dengan kulit buah berwarna cokelat muda dan kasar. Kulitnya lebih keras dari salah pada umumnya.

Di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, kelubi dipakai untuk campuran sambal terasi. Di Kalimantan Timur kelubi diolah sebagai manisan seperti di Bangka dan Sumatera Utara. Sedangkan di Jawa, buah ini tak populer. #makananKhas

 

manisan kelubi

Gimana, ingin mencoba rasanya? ( ^◡^)っ

#ILoveIndonesianSnack

Teripang : Si Lunak Kaya Manfaat & Bernilai Ekonomis Tinggi

Teripang : Si Lunak Kaya Manfaat & Bernilai Ekonomis Tinggi

Teripang adalah hewan invertebrata (tak bertulang belakang) yang masuk ke dalam kelompok Echinodermata dan kelas Holothuroidea. Bentuk tubuh teripang seperti mentimun, sehingga disebut juga mentimun laut (Sea Cucumber). Hewan tersebut memiliki tubuh yang panjang, di satu ujung  terdaspat mulut yang dikelilingi tentakel, dan anus di ujung lainnya. Seekor teripang betina mampu menghasilkan telur dalam jumlah yang sangat banyak hingga mencapai sekitar 1,9 juta butir telur. Daur hidup hewan ini dimulai dengan telur yang dibuahi yang akan menetas dalam waktu sekitar 2 hari.

Berbagai jenis teripang telah ditemukan di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Untuk wilayah Indonesia, teripang banyak ditemukan di perairan bagian Timur Indonesia, seperti di perairan Kalimantan. Produk teripang umumnya berasal dari jenis-jenis teripang yang hidup di perairan dangkal, sampai kedalaman 50 meter. 10% dari jenis teripang yang sudah ditemukan di dunia, berada di Indonesia.

Menurut penemuan beberapa catatan sejarah, teripang sudah diperdagangkan secara internasional sejak  lebih dari 300 tahun yang lalu. Indonesia sendiri merupakan negara maritim yang menjadi salah satu pusat perdagangan dunia. Sistem perkotaannya terbentuk di tepi laut seperti pesisir utara Jawa. Ini memberi kemudahan masyarakat (nelayan) Nusantara pada zaman itu untuk melakukan kontak dagang hasil laut dengan dunia internasional. Salah satunya adalah dengan bangsa Cina di abad 16-17 yang diduga mendorong munculnya perikanan teripang Indonesia (Stacy, 1999; Ham, 2002).

Ke arah selatan, sejarah membawa kita ke kunjungan nelayan nusantara untuk berburu teripang ke perairan Australia sejak awal abad 17. Wajar jika kemudian Indonesia termasuk negara pengekspor teripang tertua. Istilah ‘trepang‘ di pasar internasionalpun berasal dari kata teripang yang digunakan oleh nelayan Indonesia (Fox, 2000; Morgan dan Archer, 1999; Conand, 1990; Conand dan Byrne, 1993).

Teripang memiliki kandungan nutrisi dengan tinggi protein dan rendah kandungan lemak, serta banyak mengandung gluten, nitrogen, iodine, dan elemen nutrisi lainnya. Kandungan protein pada teripang kering sekitar 68,7%. Kandungan nutrisi dalam teripang tersebut dapat mengikat jaringan dalam pertumbuhan dan kulit, mampu memulihkan penyakit-penyakit sendi dan membangun kembali tulang rawan, menghambat proses penuaan, menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan very-low density lipoprotein (VLDL) dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, serta anti-HIV yang efektif melawan virus. Jenis teripang yang paling berpotensi untuk dikembangkan adalah Holothuria leucospilota.

Daerah penghasil teripang alam antara lain perairan pantai Jawa Timur, Maluku, Papua, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, pantai barat Sumatra, Sumatra Utara, Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Mengingat persebaran teripang di Nusantara yang cukup merata, sebenarnya Indonesia berpotensi sekali menjadikan teripang sebagai komoditi ekspor. Negara-negara maju seperti Jepang dan Cina, banyak mengimpor teripang dari Indonesia. Di Cina teripang biasa disebut Haisom. Biasanya diolah untuk sup. Sayangnya karena bentuk fisik teripang yang kurang manarik, mengakibatkan minimnya minat dari warga sekitar pantai maupun masyarakat umum untuk mengolah dan mengkonsumsi teripang.

Dibalik rupa teripang yang kurang menarik tersebut, tersimpan berbagai manfaat teripang yang berguna untuk kesehatan manusia. Lho.. Ini dia beberapa manfaat Teripang yang sudah ditemukan:

  • Dari penelitian tersebut terbukti bahwa teripang/gamat memiliki kandungan “Cell Growth Factor” (faktor regenerasi sel) sehingga mampu merangsang regenerasi/pemulihan sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak/sakit bahkan membusuk, sehingga menjadi sehat/pulih kembali.
  • Kandungan protein mencapai 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi.
  • Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., Periset Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 82%, baik diberikan kepada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin meningkat.
  • Teripang tak hanya membantu proses penyembuhan stroke & asma. Banyak penyakit maut lain yang dituntaskan oleh anggota famili Holothuriidae itu seperti diabetes mellitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis.
  • Teripang berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit. Cara kerjanya tentu saja berbeda. Misalnya untuk asam urat; ekstrak teripang memblokir asam urat, untuk osteoarthritis alias radang sendi; teripang memberikan kondroitin sehingga tulang rawannya membaik, ujar dr Zen.
  • Penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas di Malaysia selama 8 tahun menunjukkan bahwa Sea Cucumber dapat melancarkan peredaran darah.
  • Teripang juga berkhasiat mencegah penyumbatan kolesterol pada pembuluh darah, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, membantu arthritis, diabetes mellitus dan hipertensi serta mempercepat penyembuhan luka, baik luka luar maupun luka dalam.
  • Berdasarkan hasil penelitian di berbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang emas sangat berkhasiat sebagai obat serba guna dan sebagai antiseptik tradisional.

Pengolahan teripang dilakukan dalam bentuk olahan kering. Teripang kering biasanya lebih disukai oleh konsumen di Singapura, Hongkong, dan Malaysia, sedangkan konoko, konowata, dan otot kering disukai oleh konsumen di Jepang. Pengolahan bentuk olahan dilakukan dengan cara penanganan hasil panen, pembuangan isi perut, perebusan, pengasapan pengeringan, dan penyimpanan. Pengolahan teripang berfungsi agar menghilangkan zat aktif yang bersifat racun. Teripang kering juga dapat dibuat menjadi kerupuk dengan cara digoreng.

Usaha pengolahan teripang sangat menjanjikan karena negara-negara di Asia Timur sudah lama menggunakan teripang sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Di Cina sendiri, sebagai negara konsumen terbesar hingga saat ini, pengenalan teripang dimulai sejak Dinasti Ming (1368-1644 BC). Teripang tertulis di buku medis tradicional sebagai tonic dan obat tradisional, antara lain mengandung banyak protein dan rendah lemak. Diramu dengan komponen yang lain, teripang dipakai sebagai obat untuk memelihara kesehatan darah, penyembuh penyakit ginjal dan sistem reproduksi.

====
diolah dari berbagai sumber

PRODUK TERKAIT

Manfaat Makanan Pedas bagi Tubuh

Sambal mangga cobek

Manfaat makanan pedas bagi tubuh manusia. Kekayaan rempah-rempah dan bumbu masakan di Indonesia memang sudah terkenal sejak ribuan tahun yang lalu. Tak heran cita rasa kuliner Indonesia banyak didominasi rasa gurih pedas, baik dari cabe maupun lada.

Selama berabad-abad, cabai telah digunakan sebagai obat untuk peradangan serta melancarkan sirkulasi darah. Faktanya, dengan darah yang mengalir lebih cepat, tubuh akan lebih cepat menggantikan sel-sel yang rusak dan juga mengeluarkan toksin dari tubuh.

Bagi sebagian orang, makan tanpa rasa pedas akan terasa hambar.Berdasarkan beberapa penelitian, cabai dan makanan pedas memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Tentunya konsumsi cabai dan makanan pedas dalam takaran yang sesuai yaa..

Ini dia beberapa manfaat makanan pedas bagi tubuh kita :

1. Menurunkan berat badan
Cabai mengandung capsaicin yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi karena capsaicin meningkatkan temperatur tubuh dan berperan dalam meningkatnya detak
jantung. Lebih jauh, studi menunjukkan orang yang hobi makan pedas biasanya makan dalam porsi sedikit sehingga berat badan lebih terjaga.

2. Menyehatkan jantung
Cabai menyehatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian juga menunjukkan kadar kolesterol jahat/LDL bisa mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Capsaicin juga efektif melawan inflamasi, yang telah diidentifikasi sebagai faktor risiko penyakit jantung.

3. Melancarkan sirkulasi
Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi darah. Sehingga akan membantu mengurangi sakit kepala, pusing dan membantu menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah karena kandungan vitamin A dan C-nya.

4. Antikanker
Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di
sekitarnya.

5. Meningkatkan fungsi cerna
Manfaat cabai dalam saluran cerna adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag. Akan tetapi jika Anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cobalah tablet antiacid yang akan menetralisir asam di lambung.

6. Flu
Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

7. Tidur nyenyak
Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

8. Menjaga mood
Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman layaknya coklat. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi. Baru-baru ini telah diproduksi coklat bercitarasa cabai.

9. Melancarkan pernapasan
Makanan pedas bertindak seperti espektoran dan membantu penderita asma, bronkitis kronik, sinusitis, dan penyakit pernapasan lainnya bernapas lebih baik.

10. Menyembuhkan Sariawan
Sebuah literatur menyebutkan bahwa vitamin C yang terkandung pada cabai merupakan vitamin yang paling tinggi dan alami. Seringkali kita temui tips tradisional menyembuhkan sariawan “Kalau ingin sembuh dari sariawan, tempel sambal di tempat sariawan!”. Ternyata tips tradisional tersebut bukan hanya mitos yaa.. tetapi memang karena adanya kandungan vitamin C pada cabai.

☆ Kunjungi juga https://www.facebook.com/CamilanCamilunID untuk info makanan khas Indonesia ☆


http://bit.ly/13SOs6
http://bit.ly/llZ6FO
http://bit.ly/4f0TzR

Resep Kering Kentang

Kering Kentang

Kering kentang adalah salah satu kuliner khas Indonesia, khususnya Jawa. Kering kentang umumnya memiliki daya simpan hingga beberapa hari. Biasanya seminggu hingga 1 bulan. Tak ayal, sering kali anak-anak kos memilih kering kentang sebagai makanan yang harus ada di lemari ‘logistik’ mereka.

Tak hanya untuk lauk, rasa manis, asam, gurihnya kering kentang pun acap kali menggoda untuk digunakan sebagai camilan sambil menonton film. Nah, mau tau resep pembuatan kering kentang yang renyah? Ini dia resepnya 🙂

Bahan-bahan:

  • Kentang, diiris tipis : 1 kg
  • Minyak Goreng : secukupnya
  • Air : secukupnya
  • Air Kapur Sirih : 1 sendok makan
  • Air Asam : 1 sendok makan
  • Daun Salam : 2 lembar
  • Kacang tanah goreng : sesuai selera

Bumbu Halus :

  • Cabai Merah Keriting : 12 biji
  • Bawang Merah : 2 butir
  • Bawang Putih: 1 siung
  • Garam : secukupnya
  • Gula pasir : sesuai selera (bila suka manis, bisa lebaih banyak)

Cara Memasak:
Rendam irisan kentang dalam air yang dicampur air kapur sirih selamah 15 menit, kemudian tiriskan. Panaskan minyak, goreng kentang sedikit demi sedikit hingga kuning dan cukup kering. Panaskan 4 sdm minyak sisa menggoreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukan air asam, daun salam, sedikit air, aduk dan masak hingga bumbu matang. Masukkan kentang goreng dan kacang goreng
, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Semoga bermanfaat

Belanja Kering Kentang Renyah

sumber

Hot Chocolate Banana Wonton

#manTeman pasti udah familiar sama pisang goreng dong? Kalo pisang goreng yang digoreng pake tepung aja, itu udah too mainstream…  Ini dia resep inovatif yang menjadikan pisang goreng lebih dari pisang goreng biasa.. Resep ini sangat simple. Bahkan untuk #manTeman anak kos 😀

Cekidot… 🙂

 

Hot-Chocolate-Banana-Wonton

Bahan-bahan:

  • Pangsit pembungkus
  • 1 pisang, dikupas dan dipotong menjadi 12 potongan
  • Potongan-potongan kecil Chocolate Bar / Chips
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Gula bubuk

Cara Membuat:

  1. Bungkus sepotong irisan pisang dan sepotong cokelat dalam pangsit membentuk bentuk segitiga.
  2. Oleskan tepi pembungkus pangsit dengan air dan tekan untuk menutupnya.
  3. Goreng setiap pangsit selama 2 sampai 3 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan.
  4. Tempatkan wontons pisang diatas kertas minyak untuk menghilangkan minyak.
  5. Dinginkan sekitar 5 menit. Taburi dengan gula bubuk.

 

sumber

Tahu Kuning Khas Kediri [Tahu Pertama di Indonesia]

Hi Pecinta camilan…
Pasti sudah tau yang namanya tahu kan? Tahu sudah ditemukan 2200 tahun yang lalu di negeri Cina. nama tahu merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) yang artinya “kedelai yang difermentasi”. Pada penyebarannya, tahu dibawa oleh para perantau Cina ke Asia Tenggara, Asia Timur, hingga pada akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

tahu kuning kediri

Selanjutnya, di Indonesia tahu pun mengalami perkembangan, seperti yang biasa kita kenal selama ini ada beberapa macam, seperti tahu sumedang, tahu putih, tahu sutera (tofu), tahu susu, tahu pong, tahu kuning dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri tahu pertamakali diperkenalkan oleh seorang yang berasal dari negeri Cina. Akibat kondisi ekonomi politik yang tidak menentu di Cina, pada awal tahun 1900 banyak warga negara Cina yang bermigrasi ke Indonesia. Tiga warga negara Cina diantaranya ‘terdampar’ di Kediri, Jawa Timur. Yaitu Lauw Soe Hoek (yang lebih dikenal dengan Bah Kacung), Liem Ga Moy, dan Kaou Loung. Beliau beliau inilah yang berjasa memperkenalkan tahu di Indoensia.

Pada tahun 1912, Lauw Soe Hoek (Bah Kacung) mulai merintis usaha tahu. Didukung kriteria air yang bagus seperti di Tiongkok (negara asal Tahu), usaha tahu Bah Kacung pun berkembang semakin pesat. Sedangkan Liem Ga Moy mengawali usahanya pada tahun 1948, tetapi baru pada kisaran tahun 1950, usahanya mulai dikenal oleh masyarakat. Saat ini usaha tahu Bah Kacung dilanjutkan oleh cucunya A. Herman Budiono setelah putranya Yosef Seger Budi Santoso atau Lauw Sing Hian meninggal pada bulan Mei 2008.

bah kacung

 

bah kacung2

Berbeda dengan tahu buatan Liem Ga Moy yang sudah modern, tahu Bah Kacung tetap mempertahankan pembuatan tahu secara tradisional. Pembuatan tahu dengan peralatan yang terbuat dari batu, kayu dan diolah dengan manual dinilai menghasilkan rasa yang lebih gurih. Dengan demikian kuantitas produksi tahu Bah Kacung pun masih sangat terbatas.

Hingga saat ini, sedikitnya 20 merek tahu kuning ada di Kota Kediri, yang keseluruhannya dikelola dan dijalankan oleh WNI keturunan Tionghoa. Mereka mengaku merupakan anak keturunan 3 tokoh pencetus industri tahu di Kota Kediri. Tak hanya di kota Kediri, di Kecamatan Pare pun terdapat produsen tahu kuning. Salah satu yang paling terkenal dan enak ada di Jl. Mastrip, KIET namanya..

Oke… Jika berkunjung ke Kediri, jangan lupa singgah di Jl. Yos Sudarso dan Jl. Trunojoyo ya.. Karena di sanalah banyak toko oleh-oleh khas Kediri, seperti: Tahu kuning, Tahu Pong, Kerupuk Upil atau Kerupuk Kediri, Stik tahu, Gethuk Pisang dan lain-lain 🙂

 

 

gambar gambar2 gambar3