Buah Pisang untuk Merawat Kecantikan

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar kata pisang. Pastilah Anda berfikir tentang buah berbentuk panjang dan lonjong berwarna kuning indexatau hijau yang bisa dimakan. Pisang adalah tumbuhan terna berukuran besar yang berdaun lebar memanjang berasal dari suku Musaceae.

Pisang memiliki buah yang muncul dalam bentuk tandan dan tersusun menjari yang disebut dengan sisir. Hampir semua pisang memiliki kulit berwarna kuning saat matang. Namun ada pula pisang yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu bahkan hampir hitam.

Pisang sangat baik untuk dimakan karena mengandung karbohidrat sebagai sumber energi serta kaya akan mineral terutama kalium.  Kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang matang adalah 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama ibu hamil karena mengandung asam folat yang sangat baik untuk kesehatan janin. Selain itu pisang juga bisa menyehatkan pencernaan Anda.

Selain baik untuk kesehatan, pisang ternyata bemanfaat untuk merawat kecantikan wajah Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat kecantikan kulit Anda dengan pisang.

Pisang untuk Melembabkan Kulit

Untuk melembabkan kulit, giling hingga halus beberapa buah pisang ambon. Setelah itu tambahkan dua sendok makan minyak zaitun. Selanjutnya, oleskan merata pada wajah Anda. Tunggu hingga agak mongering. Setelah itu, cuci wajah Anda dengan air bersih.

Menghilangkan bekas jerawat /cacar

Bekas jerawat atau cacar pasti sangat mengganggu penampilan Anda dan menyebabkan perasaan tidak percaya diri. Solusinya, Anda bisa menggunakan pisang emas. Gosokkan secara langsung kulit pisang mas bagian dalam  pada kulit yang ada bekas jerawat atau bekas cacar. Setelah agak mengering selanjutnya cucilah wajah Anda dengan air. Cara ini harus dilakukan rutin untuk membuat kulit Anda bebas dari bekas jerawat dan bekas cacar.

Pisang menghaluskan tangan dan kaki

Untuk menghaluskan kulit tangan dan kaki yang kering dan pecah-pecah, Anda bisa menggunakan kulit pisang mas bagian dalam ada tangan atau kaki yang pecah-pecah. Hal ini harus dilakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit tangan dan kaki tanpa pecah-pecah.

Menghaluskan Kulit Wajah dengan Pisang Ambon

Wajah yang halus dan alami akan Anda dapatkan dengan menggunakan campuran pisang ambon dan madu sebagai masker. Lumatkan 1 buah pisang ambon dan campur dengan satu sendok makan madu. Oleskan ke wajah Anda sebagai masker. Biarkan hingga mengering dan selanjutnya cuci seperti biasa.

Tidak susah bukan merawat wajah dengan pisang? Selamat Mencoba

Sumber

Perbedaan Keripik Pisang Mr. Monkey, Aneka Yen Yen, Suseno.

Haloo… Banana chips lover..

Pasti udah pernah dengar merk-merk keripik pisang  Mr. Monkey, Suseno, Aneka Yen Yen, kan?

Setidaknya 3 merk keripik pisang lampung itu yang terkenal. Yuk, kita coba bahas satu per satu perbedaannya…

1. Mr. Monkey

mr monkey

Ok, pertama kita bahas dulu merk keripik pisang Lampung Mr. Monkey.Si keripik pisang berlogo monyet lucu ini memiliki potongan keripik  kecil-kecil dan bergelombang. Rasa pisang yang manis, legit.

Coklatnya juga ‘coklatkeripik_mr monkey banget’, manis, wanginya menggoda. Menurut saya nih, anak anak pasti suka model coklat yang dipakai sama Mr. Monkey.

Selain itu, coklat Mr. Monkey menempel erat di keripik pisangnya. Jadi tanggan kita nggak akan belepotan serbuk coklatnya ^^;

Disamping kelebihan di atas, kekurangannya hanya pada kemasannya yang hanya bernetto 140 gram. Dan seringkali banyak keripik yang hancur, padahal sudah dikemas menggembung untuk mengurangi resiko hancur 😦

Oiya,  Mr. Monkey memiliki 4 varian rasa. Yaiut Mr. Monkey rasa Coklat, Mr. Monkey rasa Susu, Mr. Monkey rasa Kopi, dan yang terakhir diluncurkan adalan Mr. Monkey rasa Strawberry.

2. Aneka Yen Yen

Selanjutnya, keripik pisang bermerk Aneka Yen Yen.Dulu sewaktu pertamakali melihat kemasan Aneka Yen Yen, langsung tertarik. Karena kemasannya yang unik dan masih tradisional. Aneka Yen Yen hanya dibungkus plastik transparan yang cukup tebal, kemudian dimasukkan ke papper bag coklat.

Keripik pisang ini, dipotong memanjang dan dilumuri dengaanekan serbuk coklat yang pekat manis. Kalau pada masa kecil dulu pernah makan chiki balls coklat, rasanya mirip dengan itu 😀

Keripiknya pisangnya empuk (jarang ditemukan keripik pedas), dan manis. Manisnya pas, jadi nggak sampai eneg. Coklat bubuknya melimpah ruah, bisa belepotan bener nih hehehehee…

Untuk varian rasanya, Aneka Yen Yen tersedia dalam rasa Manis, Asin, Coklat, Susu, Stwberry, Melon, Moka, Susu, Keju. Aneka Yen Yen dikemas dalam ukuran 250gr. Tersedia juga netto 500gram dan 1kg dalam kemasan box.

3. Aneka Yen Yen Kembang

aneka kembang

Selanjutnya, keripik pisang Aneka Yen Yen Kembang. Sebenarnya Aneka kembang ini masih saudara kandung dengan Aneka Yen Yen. Hanya saja Aneka Yen Yen mengalami inovasi. Dari segi  fisik: penampilan fisik keripik ini mirip dengan Mr. Monkey. Keripiknya dipotong melintang bergelombang, coklatnya nggak sebanyak Aneka Yen Yen. Serbuk coklatnya melekat kuat di keripiknya. Seperti Mr. Monkey, bungkus bagian dalamnya bersih! 😀

Rasa serbuk Coklatnya hampir sama dengan Aneka Yen Yen. Yang berbeda dari Aneka Yen Yen adalah pada Aneka Kembang, keripik pisangnya lebih renyah. Aneka Kembang ini dijual dalam kemasan alumunium foil dengan netto 140 gram.

4. Suseno

suseno

Selanjutnya keripik pisang merk Suseno.Keripik pisang merk ini dikemas dalam wadah aluminium dengan logo panda. Kalau penampilan keripik pisangnya, diiris memanjang seperti Aneka Yen Yen,tetapi lebih tipis. Coklat yang menempel pada kerikeripik pisangpik pisang  Suseno tidak melimpah ruah seperti Aneka Yen Yen, Aneka Kembang, atau Mr. Monkey.Sepertinya keripik pisang dicelupkan kedalam larutan coklat, lantas dikeringkan. Jadi, rasa keripik pisangnya masih lebih dominan dari coklatnya. Jadi kalimat “Keripik pisang rasa coklat” benar adanya untuk merk Suseno.^^;

Menurut info dari seorang teman yang berasal dari Lampung, Suseno adalah produk keripik pisang rasa coklat yang paling awal muncul.

Nah, untuk kemasan yg disediakan ada 125 gram, 500 gram (di kemas dalam box). Sedangkan varian rasanya ada Coklat Caramel, Coklat Original, Keju, Asin, Manis, Kopi.

Itu dia ulasan perbedaan 4 merk keripik pisang khas Lampung. *yaa setidaknya yang pernah saya rasakan. hehehehe…

Beberapa bulan yang lalu saya juga pernah dibawakan keripik pisang Lampung oleh teman kantor saya. Yang ini rasanya lebih bervariasi dari rasa merk2 di atas. Misalnya rasa jagung bakar, barbeque, pandan.

Nah, jika teman-teman pernah punya pengalaman dengan keripik pisang Lampung lainnya, bisa share  di sini. ^^;

Semoga bermanfaat…

PRODUK TERKAIT

  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Coklat
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Susu
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Keju
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Strawberry
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Moka

Fakta Menarik Tentang PISANG I

Apa yang terlintas di benak kita kalau mendengar kata pisang? Mungkin sebagian dari kita menjadikan pisang buah kesukaan yang harus ada tiap hari. Nah, kali ini saya mengutip sebuah artikel bagus tentang fakta pisang untuk kesehatan kita. cekidot (*o*)

1. Karena kandungan tiga jenis gula alami yakni Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa** yang dikombinasi dengan Fiber alias serat, penelitian pernah membuktikan hanya dengan dua buah pisang kita punya energi yangcukup kuat selama 90 menit. Itulah kenapa para atlet mengonsumsi pisang untuk menjagatubuh selalu fit, membantu mencegah beberapa penyakit, bisa juga untuk menu diet harian kita.

2. Vitamin B6 yang ada dalam pisang bisa mengontrol tingkat glukosa darah yang dapatmempengaruhi kondisi tubuh lebih baik saat diserang PMS yang muncul sekitar 2-14 harise belum menstruasi. Nah loo.. buat yang punya cewek, dan sering jadi korban PMS, coba deh dikasih pisang 😀
3. Karena mengandung zat besi dalam jumlah yang banyak, buah pisang bisa merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) dan membantu memulihkan kondisi penderita anemia.

 

 4. Nah, ini yang tak kalah penting.. Potasium adalah mineral penting yang menormalkan detak  jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengendalikan kadar cairan tubuh. Saat sedang stres,tingkat metabolisme menjadi naik, dan terjadi pengurangan kadar potasium. Hal ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi pisang.

 

5. Pisang juga punya vitamin/energi untuk otak. Faktanya, 200 orang pelajar sekolah di Twickenham terbantu dalam ujian. Setelah tiap sarapan, istirahat dan makan siang selalu makan pisang sebagai pemacu kekuatan berpikir. Zat potassium dapat membantu otot matamenjadi lebih awas.

 

6. Tingginya kadar fiber dalam pisang bisa membantu program diet untuk mengecilkan bagian perut dan membantu mengatasi masalah sembelit. Poin yang ini bener banget. Pisang menjadi obat terampun kalau tdk bisa pup 😀
7. Salah satu cara mudah mengobati rasa sakit adalah dengan minum campuran buah pisang+milkshake+madu. Kenapa?? Karena buah pisang bisa meredakan sakit perut danmadu bisa meredakan kadar gula sedangkan susu bisa  menyegarkan dan membantu proses re-hidrasi sistem tubuh.

 

8. Makan buah pisang setelah sarapan membantu mengontrol kadar gula Anda guna mengurangi rasa sakit atau pegal saat bangun pagi.

 

9. Kalo kena gigitan serangga, coba olesi kulit Anda dengan bagian dalam kulit pisang. Kulit pisang bisa mengurangi pembengkakan.

 

10. Pisang juga bisa menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi bagian dalam perut kita.

11. Pisang juga bisa membantu orang yang berhenti merokok, karena kandungan vitamin B6 danB12 serta potasium dan magnesium-nya dapat membantu tubuh mencegah efek dari gangguan akibat nikotin.

———————————————————————————————-

** Sukrosa adalah  gula yang kita kenal sehari-hari, baik yang berasal dari tebu maupun dari bit. Dengan hidrolisis sukrosa akan terpecah dan menghasilkan glukosa dan fruktosa.

** Fruktosa adalah adalah gula sederhana (monosakarida) yang ditemukan di banyak jenis makanan dan merupakan salah satu dari tiga gula darah penting bersama dengan glukosa dan galaktosa. ruktosa murni rasanya sangat manis, warnanya putih, berbentuk kristal padat, dan sangat mudah larut dalam air. ruktosa ditemukan pada tanaman, terutama pada madu, pohon buah, bunga, beri dan sayuran.

** Glukosa adalah suatu gula monosakarida, adalah salah satu karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga bagi hewan dan tumbuhan.

Sumber: http://www.scribd.com/doc/49012585/11-FAKTA-TENTANG-PISANG ; http://business-ethics.com/2010/06/19/2440-banana-industrys-impact-on-rainforests/

PRODUK TERKAIT

  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Coklat
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Susu
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Keju
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Strawberry
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Moka

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Hampir setiap orang senang makan buah pisang. Selain rasanya enak ternyata buah pisang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah pisang, yaitu :

  1. Bagi Penderita Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi
    Rata-rata kandungan kalium pada 1 butir pisang adalah 500 mg.
    Selain tingginya kandungan kalium pada pisang, pisang juga berkadar garam rendah. Sehingga, selain dapat menjaga keseimangan cairan di dalam tubuh, pisang juga dapat menurunkan tekanan darah, dan meminimalisir penyakit stroke. Adapun beberapa riset yang berkaitan dengan pisang dan hipertensi, yaitu :

    • Riset The New England Journal of Medicine, menyimpulkan bahwa mengkonsumsi pisang setiap hari akan menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.
    • Riset Journal of the American College of Cardiology, menyimpulkan bahwa asupan kalium harian sebesar 1600mg (setengah dari jumlah yang dianjurkan untuk konsumsi harian yang berjumlah 3500mg) bisa menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima.
    • Ilmuwan dari universitas Warwick dan Naples mengatakan bahwa saat ini jumlah asupan kalium harian di banyak negara masih dibawah jumlah yang disarankan. Terlalu sedikit asupan kalium akan mengakibatkan gejala-gejala mual,denyut jantung tidak teratur, diare serta cepat marah.

    Jika Anda penderita hipertensi cobalah menjadikan pisang sebagai salah satu buah buahan pilihan. Seperti telah diuraikan pada beberapa paragraph diatas tentang manfaat pisang bagi penderita hipertensi.

  2. Bagi Ibu Hamil
    Ibu hamil sangat disarankan memenuhi 58 mg asam folat (sekitar 2 butir pisang). Asam folat ini merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim, serta membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan. Di samping itu, pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk camilan ibu hamil.Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi, jadi sebaiknya dihindari mengkonsumsi pisang dalam jumlah banyak agar manfaat pisang yang didapatkan bagi ibu hamil dapat maksimal. Satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori.
  3. Bagi Penderita Penyakit Lambung dan Saluran Pencernaan
    Pisang adalah buah yang dapat dimakan secara langsung. Pisang juga memiliki tekstur lembut, sehingga sangat cocok digunakan untuk menetralisir iritasi pada bagian perut dan membantu mengatasi ulkus over-kronis.Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat tingginya asam lambung. Untuk menetralisirnya dapat dengan mengkonsumsi pisang dengan di campur pada segelas susu cair.
  4. Bagi Penderita Luka Bakar
    Ternyata daun pisang pun juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk meringankan luka bakar. Cara pengobatannya, yaitu kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.
  5. Bagi Penderita Animea
    Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada pisang, dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah. Sehingga, dengan mengkonsumsi 2 buah pisang sehari dapat menghindarkan dari anemia.
  6. Meningkatkan Konsentrasi
    Kandungan kalsium yang tinggi pada pisang membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi serta lebih waspada. Manfaat pisang ini menjadikan pisang akan meningkatkan kemampuan belajar siswa sekolah.Pada sebuah riset di Inggris dengan subjek 200 pelajar. Riset tersebut mengungkapkan bahwa kandungan potasium pada pisang membuat para pelajar jadi lebih aktif dalam proses belajar. Sehingga, mereka mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.
  7. Bagi Penderita Depresi
    Setelah memakan pisang, para penderita depresi merasa lebih baik. Setelah diteliti hal ini karena pisang mengandung protein tryptophan,protein ini kemudian akan diubah menjadi serotonin yang akan memperbaiki mood, menjadi lebih rileks dan membuah bahagia.
  8. Bagi Penderita Sembelit
    Pisang dapat mengobati sembelit, karena mengandung kadar serat yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit tanpa harus menggunakan obat-obatan berbahaya.
  9. Bagi Pecandu Rokok yang Ingin Berhenti Merokok
    Kandungan Vitamin, magnesium dan kalium yang terdapat dalam pisang, membantu tubuh dalam proses penyembuhan dari efek nikotin.

Manfaat pisang pun dapat dinikmati dari pisang olahan, diantaranya dengan mengkonsumsi keripik pisang. Anda tidak hanya mendapatkan manfaat dari pisang tersebut tapi juga dapat merasakan nikmatnya pisang olahan. Anda dapat mencoba beberapa keripik pisang yang kami sediakan, dengan mengunjungi https://camilancamilun.wordpress.com/
Referensi :
http://eemoo-esprit.blogspot.com/2010/10/pisang-banana.html
http://www.kesehatan123.com/1988/manfaat-pisang-untuk-kesehatan-kita/
https://babyorchestra.wordpress.com/tag/kandungan-gizi-pisang/
http://www.lagalus.com/2012/01/manfaat-pisang.html
http://pondokibu.com/6229/manfaat-pisang-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/
http://dbenga.blogspot.com/2012/02/manfaat-pisang.html

PRODUK TERKAIT

  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Coklat
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Susu
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Keju
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Strawberry
  • BELI Keripik Pisang Aneka Yen Yen Moka